free website hit counter Shutter Priority (T/Tv) - BIKINFOTO Shutter Priority (T/Tv) | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

Shutter Priority (T/Tv)

Shutter speed adalah kecepatan di mana shutter kamera membuka dan menutup sehingga memungkinkan cahaya untuk mencapai sensor atau film. Menggunakan mode Shutter Priority akan memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan rana ideal, sementara kamera akan memilih aperture yang sesuai untuk mengekspos adegan dengan benar.



Sebuah kecepatan rana yang lebih cepat (sebagian kecil, seperti 1/320 detik) akan memungkinkan lebih ringan untuk mencapai sensor tetapi akan membekukan gerak subjek atau mengimbangi goyangan kamera saat kamera Anda genggam. 1/320 dan lebih cepat adalah pengaturan yang ideal untuk membekukan gerak pada manusia.

Sebuah kecepatan yang lebih lambat rana (sebagian besar, seperti 1/8 detik) akan memungkinkan lebih banyak cahaya untuk mencapai sensor dan, jika cukup lambat, akan membuat blur dalam foto. Tergantung pada laju gerak subjek Anda, di mana saja dari sekitar 1/30 sampai 30 detik dan lebih akan memperkenalkan terlihat blur.


Penting: untuk mengimbangi blur yang disebabkan oleh kamera genggam goyang, kecepatan rana harus minimal 1 lebih panjang fokus. Jadi jika panjang fokus Anda adalah 100mm, kecepatan rana Anda harus setidaknya 1 / 100 detik. Tambahkan beberapa kelonggaran dalam aturan bahwa ketika Anda bisa, sehingga 1/125 atau 1/160 di 100mm akan lebih aman. Bila menggunakan sensor cropped (seperti APS-C atau mikro-4 / 3rds), panjang fokus nyata adalah nomor penting. Jika APS-C sensor kamera Anda memiliki tanaman 1.6x, lensa 100mm akan memiliki setara 160mm pandangan, yang menyebabkan Anda membutuhkan setidaknya 1/160 detik untuk mencapai ketajaman.

Alasan utama untuk menembak di Shutter Priority adalah untuk membekukan atau memperkenalkan gerakan dalam adegan Anda. Saya menggunakan modus ini terutama ketika bepergian, menjelajahi, di senja ketika aku genggam dan cahaya rendah, atau menembak street photography.

0 komentar:

Post a Comment