free website hit counter Bagaimana Cara Baca Histogram ? - BIKINFOTO Bagaimana Cara Baca Histogram ? | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

Bagaimana Cara Baca Histogram ?

Histogram adalah sebuah grafik yang menghitung dan menunjukkan jumlah pixel yang ada antara tone hitam dan tone putih atau grafik yang membantu kita mengenai informasi dalam file pada skala terang ke gelap. Pada sisi kiri untuk warna hitam (RGB 0,0,0) dan pada sisi kanan untuk warna putih (RGB 255,255,255). Jadi jika kita lihat grafiknya dari sisi kiri ke kanan, kita sebenarnya membaca seberapa banyak pixel yang jatuh di warna hitam, lalu abu-abu dan akhirnya putih murni di sebelah kanan.

Dengan melihat histogram pada sebuah foto ataupun di software editing foto, kita bisa mengetahui apakah foto tersebut mempunyai exposure yang pas atau tidak, kita juga bisa tahu apakah cahaya yang ada dalam foto keras atau flat (datar), yang pada akhirnya bisa menentukan proses editing mana yang paling pas untuk foto yang bersangkutan. Ada beberapa jenis tipe histogram yang bisa di simak ulasannya disini.

Dalam pengertian sederhana histogram merupakan grafik 2 dimensi yang memuat tentang informasi pencahayaan. Sesaat histogram memang terlihat sulit dipelajari, namun ternyata cara membacanya sangat sederhana. Histogram merupakan alat bantu fotografer yang sangat penting untuk mendapatkan pencahayaan yang akurat, bahkan lebih akurat daripada gambar yang ditampilkan melalui LCD. Namun sayangnya fitur ini kadang diabaikan, Jika anda belum terbiasa, jangan ragu untuk mencoba menggunakannya, dan dengan panduan yang tepat kita akan mengetahui manfaatnya.

Axis horizontal mengindikasikan dari pure black/hitam pekat(sebelah pojok kiri) 0 ke pure white/putih pekat (sebelah pojok kanan) 255 dan axis vertical menunjukkan jumlah pixel yang terecor dengan angka tertentu. Kita bisa mengamati gambar dengan melihat puncak histogram, jika dominan disebelah kiri maka gambar tersebut under exposure, jika dominan disebelah kanan maka over exposure dan tujuan kita adalah mendapatkan grafik yang dominan di area tengah dimana gambar akan mendapatkan pencahayaan yang seimbang. Area shadow akan meningkatkan grafik sebelah kiri, dan sebaliknya area highlight akan meningkatkan grafik disebelah kanan. Keduanya tentu tidak baik karena detail tidak akan muncul yang akan mengurangi kualitas gambar.



Bagaimana histogram yang baik?
Pertanyaan ini akan sangat sulit dijawab karena sangat bergantung pada kondisi yang dihadapi, dimana tidak ada satu rumus yang benar-benar sesuai untuk setiap situasi. Misal fotografer menginginkan efek siluet yang yang akan mendominasi area sebelah kiri/shadow.

Bagaimana cara memeriksa histogram?
Sangat mudah karena semua kamera memiliki fitur playback, tekan tombol play kemudian tekan tombol info, maka histogram akan ditampilkan disebelah gambar.

0 komentar:

Post a Comment