free website hit counter Lebih Jauh Tentang Aperture - BIKINFOTO Lebih Jauh Tentang Aperture | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

Lebih Jauh Tentang Aperture

Di dunia fotografi dikenal beberapa istilah yang mewakili fungsi dari setiap fitur yang telah di ciptakan oleh para produsen-produsen kamera seperti diafragma, aperture, shutter speed. Namun kali ini kita akan memfokuskan pada istilah aperture atau diafragma atau bukaan. Aperture adalah istilah dalam fotografi yang mendiskripsikan seberapa besar lensa terbuka (bukaan lensa) saat kita mengambil foto.

Fungsi aperture adalah mengatur seberapa banyak cahaya masuk ke dalam sensor kamera lewat bukaan pada lensa tersebut. Saat tombol kamera di tekan, saat itulah lubang di depan sensor kamera akan terbuka dan setingan aperturlah yang akan menentukan seberapa besar lubang itu terbuka. Makin besar terbuka, maka makin banyak cahaya yang masuk yang akan di baca oleh sensor kamera.

Aperture atau bukaan dinyatakan dalam satuan F-stop. Fungsi utamanya adalah sebagai pengendali seberapa besar lubang di depan sensor terbuka. Semakin besar nilai F nya, maka kecil pula diameter diafragmanya yang terbuka dan begitu pula sebaliknya. makin kecil angka F nya, maka makin besar diafragma yang terbuka

Perhatikan ilustrasi dibawah ini.


Semakin banyak mencoba berlatih memotret maka akan semakin lihai pula anda dalam mengoperasikan kamera anda dalam membuat karya seni fotografi yang berkualitas. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment