free website hit counter 5 Tips Memotret Dengan Kamera Saku Dan Ponsel - BIKINFOTO 5 Tips Memotret Dengan Kamera Saku Dan Ponsel | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

5 Tips Memotret Dengan Kamera Saku Dan Ponsel

Tidak punya kamera dSLR bukan berarti anda tidak bisa menghasilkan foto yang berkualitas, namun hanya dengan menggunakan kamera saku atau bahkan kamera yang ada di dalam ponsel kita, kita masih dapat menghasilkan foto-foto dengan kualitas yang sebanding dengan kamera dSLR.

Diperlukan penguasaan teknik yang baik apabila kita ingin memotret dengan hasil yang maksimal bila kita menggunakan kamera saku ataupun ponsel. Beberapa tips di bawah ini dapat membantu anda dalam menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan kamera saku atau kamera ponsel.

1. Perhatikan arah cahaya

Sebelum memotret selalu perhatikan dari mana arah datangnya cahaya. baik untuk kamera ponsel dan kamera saku mempunyai keterbatasan dalam mengatur kontras yang tinggi seperti cahaya di siang hari. perhatikan waktu pemotretan, pagi dan sore hari adalah saat yang tepat untuk memotret, aturlah komposisi agar cahaya berimbang di tiap bagian dan sudut gambar.

2. Memotret lebih banyak

Ambilah gambar sebanyak mungkin, variasikan sudaut-sudut pemotretan baik setting maupun komposisi. tiap gambar yang diambil sudah pasti mempunyai tampilan yang berbeda antara satu dengan yang lain. maka dari itu buatlah foto sebanyak mungkin, setelah itu buanglah yang kurang baik dan pilihlah yang menurut anda baik.

3. Pahami fitur-fitur dalam kamera

Bila anda menggunakan kamera ponsel, pelajari dan pahami terlebih dahulu cara kerjanya dengan banyak memotret obyek-obyek yang ada di sekeliling anda. pakailah segala fitur yang terinstal di dalamnya seperti white balance, macro, continuous shot, lampu flash dan efek-efek gambar sampai anda cukup mahir dalam mengoperasikannya. untuk kamera saku perhatikanlah beberapa fitur seperti optical dan digital zoom, shooting mode, shutter speed, resolusi kamera, dan macro mode.

4. Antisipasi shutter lag

Bagi anda yang menggunakan kamera saku untuk memotret obyek biasanya sering ada jeda waktu antara waktu pemotretan dengan waktu gambar yang berhasil terekam. hal ini disebut dengan shutter lag. solusinya adalah dengan memencet tombol shutter satu atau dua detik sebelum merekam momen yang anda ingin abadikan.

5. Aplikasi fotografi

Dengan memanfaatkan berbagai software editing foto, terkhusus untuk anda yang memfoto dengan menggunakan media ponsel yang berkamera yang tersedia banyak di pasaran maka anda sudah bisa menghasilkan sebuah foto yang berkualitas setelah anda edit di aplikasi yang anda telah anda instal sebelumnya, hal ini tentunya sangat menarik sekali bagi anda yang memiliki hobby fotografi.

Itulah 5 tips dalam memotret obyek dengan menggunakan kamera ponsel maupun kamera saku. Selamat berburu obyek.

0 komentar:

Post a Comment