free website hit counter 8 Tips Memotret Model - BIKINFOTO 8 Tips Memotret Model | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

8 Tips Memotret Model

Dalam memotret model ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum sesi pemotretan dilakukan, mulai dari persiapan-persiapan tempat, properti, make up, dan lain-lain, agar pada saat hari pelaksanaan pemotretan tidak banyak membuang-buang waktu karena persiapan yang kurang matang.
Berikut ada beberapa tips yang akan diuraikan dibawah ini yang perlu menjadi perhatian penting bagi para fotografer yang ingin terjun dalam dunia modeling photography.

1. Properti 

Properti dalam sebuah sesi pemotretan menjadi salah satu unsur yang penting dan tidak bisa dianggap remeh. pemanfaatan properti dalam sebuah pemotretan hendaknya menyesuaikan tema yang ingin diusung

2. Kostum dan make up

Untuk memotret model dengan tema serta konsep yang akan diangkat, maka kostum dan make up pun harus bisa mendukung agar hasilnya maksimal serta menarik

3. Waktu 

Waktu yang tepat atau ideal untuk melakukan pemotretan di luar ruangan adalah jam 8-10 pagi dan 3-5 atau 6 di sore harinya. Mengapa ? karena di jam-jam tersebut sinar matahari masih lembut, sehingga bayangan yang muncul di hidung, bawah kelopak mata serta leher tidak terlalu keras.

4. Peralatan

Peralatan pendukung lainnya seperti perangkat lighting dan reflector sebagai perangkat yang berfungsi sebagai media pantul dari sinar matahari juga diperlukan senantiasa disamping kamera serta memori nya.

5. Lokasi / tempat

Pemilihan tempat atau lokasi untuk sesi pemotretan juga sangat menentukan keberhasilan, carilah tempat-tempat yang sesuai dengan tema yang diusung serta memiliki kondisi cahaya yang cukup dan tidak ramai.

6. Sudut pengambilan dan komposisi

Aturan rules of Third dapat dijadikan acuan bagi seorang fotografer dalam mengambil sudut yang tepat, sehingga komposisi yang dihasilkan dalam foto pun juga lebih enk untuk dipandang.

7. Konsep 

Dengan konsep yang matang, maka sang model pun tidak akan mengalami kesulitan dan kebingungan dalam memilih kostum yang sesuai, dibandingkan dengan tanpa konsep sama sekali, sehingga para model itu akan lebih memiliki gambaran yang jelas mengenai tema yang akan diusung.

8. Olah digital

Ada kalanya kita membuat sebuah foto harus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen kita, sehingga disini peran dari software-software pengolah foto pun diperlukan untuk melakukan berbagai manipulasi terhadap foto yang telah di buat tadi. Namun yang penting yang harus diperhatikan adalah tone/warna kulit, sebisa mungkin berhati-hatilah dalam memainkan warna, pilihlah warna natural.

Banyak hal yang harus diperhitungkan dalam membuat sebuah karya fotografi terutama modeling photography mulai dari persiapan hingga sesi pemotretan berakhir. Disini diperlukan komunikasi yang baik dari fotografer dengan para kru dan model, sehingga dengan komunikasi yang lancar, maka hasil yang didapat pun lebih maksimal. Selamat berkarya.

0 komentar:

Post a Comment