free website hit counter Kiat Memilih Kamera Mirrorless - BIKINFOTO Kiat Memilih Kamera Mirrorless | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

Kiat Memilih Kamera Mirrorless

Perkembangan teknologi kamera saat ini memungkinkan kita untuk mengembangkan keinginan serta bakat kita secara maksimal, dan saat ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih dan pastinya semakin menambah hasrat untuk secara kreatif dalam memotret untuk menghasilkan foto-foto yang berkualitas.

Jenis-jenis kamera pun semakin bervariasi yang telah beredar secara luas di pasaran. Untuk itu kita harus jeli dalam memilih tipe-tipe kamera yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dulu sebelum hadirnya kamera mirrorless, ada kamera dSLR dan kamera saku atau pocket cam, namun seiring dengan melihat fungsi dan kualitas yang dibutuhkan oleh para pengguna, maka para produsen secara kreatif berusaha menjawab kebutuhan para pehobi maupun kaum fotografer profesional.

Dengan hadirnya kamera mirrorless yang saat ini telah banyak beredar di pasaran dan telah banyak pula pengguna yang memanfaatkannya dalam berbagai momen, ditambah pula kualitas kamera yang setara dengan kamera dSLR, maka menjadikan kamera mirrorless semakin banyak diminati oleh banyak kalangan.

Sedikit untuk perlu diketahui bahwa secara teknis kualitas kamera jenis mirroless ini setara dengan kamera dSLR pada umumnya hanya oleh produsen kamera model ini dikemas seperti kamera saku, perbedaan lainnya selain bentuk body adalah tidak adanya prisma/cermin untuk menampilkan gambar secara langsung pada kamera. Apabila kamera dSLR memerlukan cermin untuk menampilkan gambar pada viewfinder tapi kamera mirrorless tidak memerlukan cermin untuk memunculkan gambar serta tidak adanya viewfinder optik namun gambar langsung ditampilkan pada layar LCD nya.

Dalam memilih kamera mirrorless memang ada banyak pertimbangan yang perlu di cermati seperti bentuk nya yang ringkas layaknya seperti kamera saku, dan tidak terlalu berat seperti kamera dSLR namun memiliki kualitas setara dengan dSLR, bentuknya yang trendy. Adalah jenis sensor yang digunakan dalam kamera mirrorless tersebut yang harus dicermati dalam membeli kamera mirrorless.
Saat ini ada beberapa aneka jenis sensor yang digunakan pada kamera mirrorless yang beredar dipasaran yaitu :

  • Sensor APS-C
  • Sensor APS-C (Canon)
  • Sensor 1.5 inch
  • Sensor 1/1.7 inch
  • Sensor Four Thirds
  • Sensor kecil 1/2.3 inch (Pentax Q)
  • Sensor Nikon CX (1 inch)

Perlu diketahui bahwa semakin besar sensor tersebut maka semakin baik pula kulaitas foto yang dihasilkan, namun faktor kualitas lensa juga mempengaruhi. Sebenarnya semua sensor yang ada telah memenuhi kualitas stok foto untuk kebutuhan komersial, namun ada yang perlu diingat bahwa sensor yang terbaik sekalipun tidak akan bekerja secara maksimal apabila kualitas dan jenis lensa yang digunakan juga tidak mumpuni.

Itulah sedikit tips dalam memilih kamera mirrorless. Masih ragu dengan kemampuannya ?

0 komentar:

Post a Comment