free website hit counter Kekurangan dan Kelebihan Kamera GoPro - BIKINFOTO Kekurangan dan Kelebihan Kamera GoPro | Bikin Foto
WHAT'S NEW?
Loading...

Kekurangan dan Kelebihan Kamera GoPro

GoPro merupakan sebuah action kamera yang memiliki kualitas HD, anti-air, anti-guncang dan mampu merekam video dengan kualitas yang bagus. Kamera Gopro ini memang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan. Kamera aksi jenis ini sangat cocok digunakan oleh orang yang gemar berpetualang serta olah raga outdoor, seperti sepeda, motocross, surfing, terjun payung, dan lainnya. Kamera jenis ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki daya tahan yang lebih dibanding dengan kamera biasa pada umumnya, kamera Gopro ini memiliki daya tahan pada goncangan, air, tekanan serta cuaca yang ekstrim, serta memiliki segudang aksesoris tambahan untuk mendukung penggunaannya.

Kamera GoPro mendapatkan popularitas yang cukup tinggi bukan tanpa alasan, bentuknya yang kecil dan compact menawarkan hal yang berbeda dari kamera-kamera jenis lain. Selain bentuknya yang unik, kamera ini mampu menghasilkan video yang bagus. Dengan berbagai keunggulan diatas, ditambah fitur anti-air dan anti-debu mampu membuat kamera ini digunakan di berbagai kondisi dan keadaan.

Untuk saat ini ada 4 generasi berbeda dari kamera GoPro. 4 generasi ini adalah GoPro Hero 1, GoPro Hero 2, GoPro Hero 3 dan GoPro Hero 4. GoPro Hero 4 merupakan tipe terbaru dari kamera GoPro. Satu hal yang perlu di catat bahwa setiap generasi terbaru merupakan perkembangan dari generasi sebelumnya, semakin kecil angka dari produk tersebut, maka semakin minim fitur yang dimiliki kamera GoPro tersebut. Contoh, GoPro Hero 2 merupakan perkembangan dari GoPro Hero 1. Otomatis, fitur yang terdapat pada GoPro Hero 2 lebih banyak dan lebih baru dibandingkan dengan GoPro Hero 1.

Gopro bisa dianggap sebagai pelopor untuk kamera jenis ini, Tak heran bila ia kemudian menjadi pelopor berkat kualitas dan kehandalannya. GoPro sendiri merupakan perusahaan yang telah go public dengan nilai aset yang luar biasa besar dengan andalan produk hanya kamera saja.

Kelebihan yang dimiliki oleh GoPro
1. Tahan goncangan dan anti air
2. Kualitas video yang sangat baik
3. Terdapat aplikasi android/iphone untuk mengontrol kamera GoPro melalui koneksi WiFi
4. Bentuk kamera yang kecil sehingga memungkinkan untuk diletakkan dimana saja

Kekurangan GoPro
kekurangan GoPro yang paling sering dirasakan oleh para penggunanya adalah kapasitas baterai yang hanya mampu bertahan 1 hingga 2 jam saja. Kapasitas memori nya pun sangat kecil, sedangkan ukuran video yang direkam oleh GoPro berukuran sangat besar, untuk 1 jam video bisa sampai 20GB. Namun hal itu wajar karena fungsi awal GoPro memang hanya cocok untuk merekam momen yang dirasinya tidak terlalu lama. Kekurangan selanjutnya adalah hanya fokus di fitur merekam saja, sedangkan untuk fitur pengambilan gambar masih belum setara bila disandingkan dengan DSLR, dan kamera GoPro ini belum dilengkapi dengan Optical Image Stabilization sehingga bila terjadi guncangan saat merekam gambar akan cukup terasa, namun saat ini sudah tersedia software tambahan digital stabilization sehingga gambarnya tidak terlalu goyang goyang.
Harga aksesoris yang cukup mahal merupakan kekurangan tersendiri bagi kamera aksi GoPro. Harga GoPro black dibanderol sekitar $499, Silver $399 dan yang hero $129. Sedangkan untuk mountingnya mulai harga $20-$50. Jadi untuk dapat menggunakan GoPro dalam berbagai aktivitas, pengguna harus membeli mounting yang harganya relatif mahal.

0 komentar:

Post a Comment